Microsoft Future Vision Review

In 5-10 years, how will people get things done at work, at home, and on the go?

Watch the concept video to get a glimpse of the future of productivity, then explore the stories and technology in more detail.

Itu adalah kata-kata yang ditampilkan pada halaman website Microsoft terkait future vision [link].

Microsoft melalui video bertajuk Microsoft Future Vision memberikan visualisasi bagaimana penerapan teknologi beberapa tahun kedepan.  Dulu, semua itu mungkin hanya pernah kita lihat di film-film futuristik. Namun sekarang, teknologi masa depan ini sudah di depan mata.

Salah satu teknologi yang dihadirkan  berkaitan dengan Smart Grid. Di negara-negara maju seperti Eropa, teknologi yang dikenal dengan nama SmartGrid alias ‘jaringan cerdas’ ini sudah mulai diimplementasikan.
Di Indonesia, SmartGrid diperkirakan sudah bisa diimplementasikan mulai 2014 mendatang. Sesuai dengan RPJM (rencana pembangunan) pemerintah.

Teknologi LTE (Long Term Evolution) diharapkan menjadi salah satu jaringan untuk menopang SmartGrid dalam mempersatukan infrastruktur di industri telekomunikasi dengan infrastruktur layanan masyarakat lainnya, seperti listrik, transportasi, yang dikelola secara terpusat melalui akses broadband berbasis protokol internet (IP).

Smart Grid Implementation

Smart Grid Network Implementation

Selain SmartGrid dalam video-video tersebut kita juga dapat melihat implementasi dari perkembangan Cloud Computing. Dimana pad video tersebut sudah tidak ditemui Komputer Desktop lagi. Hampir semua aplikasi diakses melalui cloud melalui mobile gadget yang futuristik.

Implementasi teknologi lainnya yang dapat kita lihat terkait dengan wireless power transmission. Gadget-gadget yang ditampilkan merupakan wireless gadget. Wireless acces bukan hanya digunakan sebagai media transmisi data, tetapi juga menjadi media trasnmisi energi. Implementasi wireless power transmission telah ada di Indonesia. Salah satunya bisa dilihat di [link]

Berikutnya adalah teknologi yang menjadikan monitor dapat digunakan di berbagai permukaan. Teknologi ini saat in sedang dalam proses pengembangan oleh Microsoft dan Samsung. Berikut adalah videonya.

Perihal alfanpresekal
Mahasiswa Teknik Komputer - Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: