Liputan Acara Launcing Era Konvergensi di Indonesia

Kantor Telkom Jakarta, 4 April 2012

 

Pada hari Rabu, 4 April 2012 Kementrian Komunikasi dan Informatika Indonesia bekerjasama dengan operator selular menyelenggarakan acara grand launching dan sosialisasi mengenai era konvergensi jaringan broadband di Indonesia.  Sebelum dilakukan launching era konvergensi beberapa tahun sebelumnya telah dilakukan kajian yang mendalam mengenai era konvergensi di Indonesia. Dalam kajian ini melibatkan berbagai pihak mulai dari pemerintah, akademisi, masyarakat telekomunikasi Indonesia serta perwakilan perusahaan telekomunikasi di Indonesia.

Hal yang terlihat nyata dari era konvergensi adalah pelaku usaha tak lagi bersaing dengan pemain di bidang yang sama, namun juga dengan bidang berkaitan. Pelaku usaha telekomunikasi tak bisa hanya bersaing semata dengan sesama operator, tetapi juga dengan pelaku usaha penyiaran sekaligus pemain di bidang teknologi informasi.

Secara umum terdapat tiga layer pelaku usaha di era konvergensi yang terdiri atas penyedia fasilitas jaringan (Network Facility Provider/NFP), penyedia konektifitas jaringan (Network Provider/NP), dan server aplikasi e-bisnis dan applikasi konten. Konvergensi sendiri  akan melalui berbagai tahapan yakni model bisnis, terminal, teknologi dan standarisasi, konten (video, suara, data), regulasi, serta layanan dan aplikasi.

Setelah melakukan grand launching selanjutnya pemerintah akan melakukan sosialisasi mengenai implementasi era konvergensi di Indonesia. Dalam era konvergensi nantinya batasan antar jenis-jenis jaringan akan menjadi kabur karena terjadinya penyatuan. Melalui singgle gateway akan memberikan berbagai layanan kepada pelanggan. Diharapkan operator selular di Indonesia mampu menangani hal tersebut.

Di era konvergensi keuntungan yang diterima operator memiliki kecenderungan untuk statis bahkan cenderung menurun. Untuk itu operator selular perlu melakukan transisi bisnis modelnya dari sekedar network provider menjadi konten provider. Hal tersebut sangan penting untuk menjamin keberlangsungan bisnis telekomunikasi kedepan.

Salah satu upaya menyongsong era konten provider telah dimulai oleh PT Telkom Indonesia salah satunya melalui program digital valleynya. Melalui program tersebut Telkom berupaya meningkatkan daya saing industri konten di Indonesia yang berpusat di Bandung Jawa Barat.

Disamping acara grand launching dan sosialisasi di acara tersebut juga dilakukan uji coba teknologi LTE yang digunakan untuk videao converence yang menghubungkan 3 titik yakni kantor Telkom Jakarta, Universitas Indonesia, dan Pemerintag Provinsi Jawa Barat.

Di akhir sesi dari acara ini ada pembagian dorprize bagi para peserta acara.

Perihal alfanpresekal
Mahasiswa Teknik Komputer - Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: