Tentang Metro Style User Interface

Metro merupakan suatu karakter design khas yang diciptakan oleh Microsoft, dan diimplementasikan pertamakali untuk gadget Windows Phone 7. Banyak aplikasi microsoft saat ini mengadaptasi style dari user interface tipe ini. Mulai versi Windows Phone hingga Windows 8, produk X Box 360, Windows Live serta aplikasi lain seperti Zune Media.

Metro design user interface ini  terinpirasi oleh design grafis klasik dari Swiss. Dengan standart tampilan icon serupa, font huruf yang sama, hingga warna yang khas. Design metro style ini terus dikembangkan. Style design ini juga terinspirasi oleh design metropolis yang hadir di King Country Metro, Washington. King Country merupakan jaringan transportasi utama di Washington, US. Di sana terdapat berbagai rambu-rambu yang menjadi landasan diciptakanya metro design.

Melalui metro style ini CEO Microsoft berharap akan dapat menghadirkan suatu User Experinece yang baru, dan lebih lagi akan menjadi suatu standart user interface yang futuristik. Hal tersebut senada dengan transformasi dari era Desktop PC menuju Tablet PC, karena metro UI sangat sesuai diimplementasikan pada tablet PC. Sehingga metro design akan menjadi sebuah perpaduan antara seni dan teknologi.

Perihal alfanpresekal
Mahasiswa Teknik Komputer - Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: