Windows Speech Recognation

Iseng-iseng ketika sedang mencoba memplekajari penggunaaan kinect terdapat satu fitur speech recognation yang ingin saya telusuri lebih lanjut. Pada awalnya saya pikir speech recognation terintegrasi di dalam kinect device, tetapi ternyata kinect hanya berfungsi sebagai microphone saja. Dan speech recognation yang digunakan adalah yang telah terintegrasi dalam windows.

Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba pastikan pada PC atau Laptop kalian terdapat microphone yang cukup baik. Dalam uji coba berikut saya menggunakan microphone yang terdapat dalam kinect device.

Secara umum tampilan standart speech recognation windows adalah sebagai berkiut :

tampilan speech recognation

Bagi rekan-rekan yang baru pertamakali mengaktifkan fitur ini pertama akan ada guidance yang cukup lama. Mungkin durasinya sekitar 30 menit. Di sini kita akan dipandu bagaimanan menggunakan fungsi speech recognation pada sistem operasi windows 7.

Guidance Speech Recognation

Berdasarkan pengamatan saya fungsi speech recognation di dalam OS windows 7 belum banyak orang yang menyadari keberadaaanya dan mengetahui bagaimana penggunaanya.

Pada tutorial tersebut kita akan diajari cara menggunakan speech recognation. Mulai dari penggunaan  voice command sebagai pointing device yang menggantikan peran mouse, hingga mengetik tanpa keyboard. Ya mnegetik tanpa keyboard, sebab melalui speech recognation suara yang kita ucapkan akan langsung di transformasi menjadi text.

Meskipun cukup keren fitur ini masih memiliki banyak kekurangan diaantaranya masih sering terjadi eror dan keterbatasan languange library. Saat saya mencoba baru tersedia dalam bahasa inggiris sehingga ketika saya mengucapkan kalimat dalam bahasa Indonesia bisa ditebak bagaimana hasilnya.

Satu yang paling berguna bagi saya melalui speech recognation adalah saat saya menggunakanya untuk persentasi power point. Pada umumnya saat persentasi kita memerlukan operator, ketia kita berkata “next” maka sang operator akan mengarahkan ke slide berikutnya. Dengan speech recognation fungsi operator dapat digantikan.Dengan berkata next otomatis power point akan berganti ke halaman berikutnya. Cukup menarik bukan?

Perihal alfanpresekal
Mahasiswa Teknik Komputer - Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: