Eksplorasi Aplikasi Kinect Sederhana

Sekilas tentang Kinect, sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kinect

Kinect for Xbox 360 atau biasanya Kinect(Dulunya di ketahui oleh Project Natal),adalah “controller-free gaming dan pengalaman hiburan” oleh Microsoft dan Xbox 360 video game platform,dan mungkin di gunakan untuk Windows 8.Kinect akan bersaing dengan Wii Remote dengan Wii MotionPlus dan PlayStation Move dengan PlayStation Eye gerak sistem kontrol untuk Wii dan PlayStation 3 konsol rumah masing-masing.

Kinect di luncurkan di Amerika Utara pada tanggal 4 November 2010,di Eropa pada tanggal 10 November 2010,di Australia,New Zealand dan Singapura pada tanggal 18 November 2010 dan di Jepang pada tanggal 22 November 2010.Pembelian opsi untuk sensor perifer termasuk bundel dengan permainan Kinect Adventures dan konsol bundel dengan baik 4 GB atau 250 GB konsol Xbox 360 dan Kinect Adventures.

Kinect merupakan sebuah teknologi menarik yang dapat di eksplorasi dan dikembangkan lebih lanjut. Pada artikel ini akan di share pengalaman menggunakan kinect sebagai media pembelajaran yang intreaktif. Menggunakan kinect peserta didik akan mampu berinteraksi dengan program melalui gerakan badan dan suara.

Untuk memberikan gambaran bagaimana hal tersebut terjadi berikut beberapa video megenai aplikasi kinect [cortesy Youtube.com]

Karena kinect merupakan product yang diluncurkan oleh Microsoft, maka dalam pengembangan aplikasi kinect digunakan system berbasis windows. Seperti bahasa pemrograman C# ataupun VB, dengan .Net environment. Secara default di dalam kinect telah terdapat fungsi peripheral dari sisi hardware. Untuk mengakses fungsi hardwere tersebut tidak perlu repot-repot, sebab telah disediakan assembly reference. Sehingga kita dapat lebih mudah dalam menggunakan kinect.

Pada bagia ini saya akan coba menggunakan kinect sebagai device untuk media pembelajaran. Hal ini akan cukup menarik pasalnya kinect menghadirkan suatu bentuk interaksi baru antara komputer dan user.

Melalui movement recognation yang terdapat di dalamnya user dapat mengeksplorasi bagaimana aplikasi dapat membaca gerakan dari user. Untuk hal ini programmer sangat dimudahkan karena telah disediakan assembly reference yang siap digunakan. Berikut adalah tampilan penggunaan assembly reference.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Assembly Reference

 

 

 

 

 

 

Penggunaan Assembly Reference dalam C#

 

Selanjutnya karena assembly reference telah tersedia maka selanjutnya fungsi tersebut dapat digunakan sesuai dengan keperluan. Dalam case berikut saya menggunakan bahasa pemrograman C# yang akan coba mengimplementasikan mouse cursor control application yang akan melakukan kontrol gerakan mouse menggunakan tangan. Berikut adalah sebagian fungsi program untuk melakukan tracking skeleton.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

skeletal tracking code C#

 

Dengan menjalankan program tersebut akan dapat dilakukan mouse cursor control menggunakan kinect.

 

Untuk referensi dan source code dapat dilihat di : http://kinectmouse.codeplex.com/

 

Perihal alfanpresekal
Mahasiswa Teknik Komputer - Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: