Integrasi WPF dan Flash

Windows persentasion foundation  atau yang lebih sering disebut sebagai WPF menghadirkan suatu kemudahan bagi programmer untuk membuat aplikasi yang memiliki tampilan yang menarik. Apalagi ketika WPF diintegrasikan bersama animasi yang di create menggunakan  Microsoft Expression Blend. Pada dasarnya dengan menggunakan microsoft expression blend saja kita telah dapat menciptakan animasi yang tentu tidak kalah dengan flash.

Microsoft Expression Blend

Namun pada artikel ini saya coba membahas bagaimana kita dapat mengintegrasikan antara WPF yang menghadirkan kemudahan dalam membuat aplikasi desktop interaktif dengan flash. Kenapa harus dengan flash?, bukankah dengan teknologi silverlight kita telah mampu menciptakan sesuatu yang serupa dengan animasi flash?

Ada beberapa alasan mengapa artikel ini coba membahas bagaimana mengintegrasikan flash dan WPF. Pertama flash telah banyak tersedia, dam tentu kita lebih mudah mencari animasi flash daripada silveright. Kedua flash sementara masih lebih pupuler dibandingkan dengan silverlight. Ketiga sejauh ini saya belum menemukan converter dari flash ke silverlight. Kalaupun ada bisa dibilang hasilnya cukup mengecewakan.

Untuk mengintegrasikan flash kedalam WPF saya menggunakan fitur web browser pada WPF. Sehingga sebenarnya aplikasi WPF akan mengakses local content flash melalui fitur web browser.  Berikut adalah code bagaimana kita dapat mengakses file flash dengan ekstensi .swf.

fungsi call flash WPF

 

Dengan fungsi sederhana demikian saya dapat dengan mudah mengintegrasikan file flash berupa animasi kedalam aplikasi WPF.

Perihal alfanpresekal
Mahasiswa Teknik Komputer - Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: