Cyber Attack – Hacker Ancam Perusahaan Minyak

TEMPO.CODoha – Perusahaan minyak dunia kini resah lantaran diserbu peretas jaringan komputer (hacker). Tak main-main, hackeryang ditengarai melakukan spionase industri ini mengancam pasokan minyak dunia.

Manajer Teknologi Informasi Shell Oil Company, Ludolf Luehmann, memperingatkan serangan hackerbelakangan lebih sering terjadi dan dilakukan secara terencana. Ia menyimpulkan motif kriminal dan komersial berada di balik aksi para hacker ini. “Apalagi saat ini sistem produksi dan distribusi energi dunia diatur melalui sistem komputer,” kata dia dalam Kongres Perminyakan Dunia di Qatar, seperti dikutip Reuters.

Luehmann menduga operasi para peretas ini juga semakin canggih lantaran bisa tembus dan mengontrol hal-hal teknis semisal menutup atau membuka katup jaringan pipa. Shell sendiri telah mengidentifikasi perilaku para hacker seperti merencanakan gangguan jangka panjang, mengumpulkan informasi secara diam-diam selama beberapa bulan sebelum menyerang target spesifik.

Dia mencontohkan serangan virus Worm Stuxnet pada 2010 yang dirancang untuk menumbangkan sistem industri. “Ini dimensi teror baru yang kami amati,” ujarnya. Sayangnya Luehmann tak menyebut contoh kasus serangan hacker yang merugikan perusahaan minyak.

Oktober lalu perusahaan perangkat lunak Symantec Corp menerbitkan laporan tentang virus misterius yang kemudian dijuluki Duqu. Kode dan cara kerja virus ini mirip dengan Stuxnet yang pernah menyerang program nuklir Iran tahun lalu.

Sebetulnya sistem perlindungan jaringan sudah jauh hari dirancang untuk membentengi serangan virus semacam ini. Namun perusahaan energi memerlukan sistem baru yang memungkinkan perbaikan tanpa harus mematikan seluruh sistem. “Kesulitan kami ialah menjaga minyak tetap mengalir,” kata Riemer Brouwer, kepala keamanan perusahaan minyak di Abu Dhabi.

Perihal alfanpresekal
Mahasiswa Teknik Komputer - Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: