Memanfaatkan Social Media Sebagai Media Belajar Pemrograman Komputer

Saat ini sosial media telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, bukan hanya menjadi sebuah aplikasi tetapi telah menjadi gaya hidup. Berbagai hal dapat diperoleh dari penggunaan sosial media, hal positif maupun negatif.

Sosial media memiliki fungsi utama untuk menghubungkan para penggunanya melalui sebuah jaringan sosial. Di dalam fungsi utama tersebut orang dapat merasakan berbagai manfaat. Seperti bertukar informasi, saling berkomunikasi, dan banyak hal lainya.

Dalam pembahasan singkat ini saya akan coba mengkaji mengenai pemanfaatan sosial media sebagai media pembelajaran khususnya dalam proses belajar programming. Dalam pembahasan ini anak dibagi menjadi 5 poin utama yaitu colaborative learning, multimedia learning, practical learning, sharing information and resources, dan expertise network development.

Colaborative learning merupakan salah satu manfaat belajar pemrograman komputer melalui sosial media. Dalam contoh kasus orang yang sedang belajar pemrograman komputer, melalui sosial media dua orang dapat melakukan coding bersama meskipun berbeda tempat. Hal itu dilakukan dengan melakukan diskusi dan share code program melalui sosial media. Bahkan mungkin dalam pengembangan kedepan jika advance cloud computing diimplementasikan kedalam sosial media bukan tidak mungkin proses pengembangan aplikasi komputer dapat dilakukan secara lebih lanjut. Sebagai salah satu contohnya saat ini Microsoft telah menghadirkan Windows Azure sebagai suatu bentuk aplikasi berbasis cloud computing.

Multimedia learning merupakan penggunaan berbagai media dalam rangka proses pembelajaran pemrograman komputer. Dalam hal ini pembelajaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan media audio visual seperti video, sehingga para pengguna sosial media dapat belajar dengan melihat video tutorial yang di share melalui sosial media.

Practical learning yang dilakukan melalui sosial media orang dapat mengaplikasikan kemampuan pemrogramanya. Sebagai contoh melalui social media tumblr orang dapat menerapkan dan menunjukan kemampuan pemrograman web nya.

Sharing information and resources juga merupakan fungsi utama dalam pemanfaatan sosial media. Melalui sosial media informasi dapat di sebar dengan begitu cepat. Hal tersebut memungkinkan seorang pengguna sosial mendapatkan berbagai sumber dan referensi untuk belajar pemrograman.

Expertise network development berarti bagaimana kita dapat belajar dengan membangun jaringan ke orang-orang berpengalaman. Sebagai contoh kita terkoneksi kepada seorang programmer handal, kemudian ketika kita mengalami kesulitan kita dapat bertanya langsung kepada ahlinya yang lebih berpengalaman.

Hal-hal di atas adalah sebagaian dari pemanfaatan sosial media untuk proses pembelajaran. Selain terdapat manfaat sosial media juga membawa dampak negatif bagi para penggunanya. Sebagi pengguna sudah semestinya kita dapat bersikap bijak sehingga sosial media dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Perihal alfanpresekal
Mahasiswa Teknik Komputer - Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: