Open Recruitment Anggota Team > Microsoft Imagine Cup 2011 New York USA

 

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Rekan-rekan

Kami team Imagine Cup 2011, sebuah kompetisi di bidang teknologi informasi yang diselenggarakan oleh microsoft memebrikan kesempatan bagi rekan-rekan (yang berasal dari latar belakang  keilmuan selain teknologi informasi dan komputer) untuk bergabung kedalam team kami.

Dalam kompetisi ini anggota kelompok diperbolehkan berasal dari latar belakang keilmuan yang berbeda, universitas/perguruan tinggi yang berbeda, bahkan hingga berbeda negara. Untuk itulah kami mencoba mengajak rekan-rekan yang berminat untuk bergabung.

Inti dari kompetisi ini adalah bagaimana kita dapat memberikan suatu ide hasil pemikiran  kita khususnya yang menggunakan aplikasi teknologi informasi dan komputer.  Ide yang diberikan memiliki tujuan untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang berkaitan dengan MDGS (Milenium Development Goals).  Target MDGS antara lain : 1.Mengatasi kemiskinan dan kelaparan 2.Peningkatan kulaitas pendidikan 3.Persamaan gender 4.Kesehatan anak 5.Kesehatan ibu hamil 6.Memerangi HIV dan wabah penyakit global 7.Pemanfaatna lingkungan secara bijaksana 8.Peningkatan hubungan internasioal antar bangsa

Bagi rekan-rekan yang memiliki latar belakang keilmuan selain di bidang teknologi informasi dan komputer jangan khawatir, sebab kompetisi ini tidak mengedepankan kecanggihan teknologi. Namun lebih cenderung kepada apresiasi atas hasil inovasi, kreatifitas dan imaginasi yang solutif. Jika natinya memang ide rekan-rekan memerlukan aplikasi teknologi informasi dan komputer, kami telah memiliki team yang kompeten untuk hl-hal yang berkaitan dengan masalah teknis.

Jadi melalui pesan ini kami mengajak rekan-rekan yang berminat untuk mengungkapkan ide-idenya yang berkaitan dengan solusi masalah MDGS. Solusi masalah yang diungkap harus melibatkan teknologi IT dan komputer. Sekedar gambaran berikut adalah 3 ide imagine cup dari indonesia yang lolos ke final dan 1 ide juara Imagine Cup dari Australia.

1.       Ide team Pedjoeang (Universitas Indonesia) : Sistem Pengingat Konsumsi Obat Bagi Penderita TBC. Sistem ini dirancang untuk mengingatkan para penderita TBC yang merupakan salah satu penyakit global agar senantiasa mengkonsumsi obat tepat waktu. Sebab menurut data WHO masalah pengkonsumsian obat yang tidak konsisten justru memperparah kondisi penderita. Dalam mengatasi masalah tersebut digunakan aplikasi server dan jaringan telekomunikasi selular. Ide tersebut dilatarbelakangi oleh masalah yang diungkapkan oleh mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat, dan aplikasi IT dirancang oleh mahasiswa Teknik Komputer & Ilmu komputer. Ide tersebut lolos ke final Imagine Cup 2009 di Mesir.

2.       Ide team Buterfly (Institut Teknologi Bandung) : Pelaporan Realtime Masyarakat. Sistem ini dirancang untuk memerikan akses langsung kepada masyarakat untuk memberikan laporan mengenai masalah-masalah. Sebagai contoh ketika di salah satu sudut kota jakarta terjadi saluran air yang mampet dan dikhawatirkan akan memicu banjir, si pelapor cukup mengirimkan laporanya melalui SMS kepada pihak yang berwenang. Informasi yang diterima dari pelapor tersebut ditinaklanjuti oleh pihak yang berwenang. . Ide tersebut lolos ke final Imagine Cup 2009 di Mesir.

3.       Ide team UI 2010 (Universitas Indonesia) : Pemeriksa Kesehatan Terintegrasi. Menggunakan alat ini peran dokter secara langsung akan digantikan. Sebab alat ini memiliki kemampuan untuk mengukur suhu, tekanan darah, detak jantung, berat badan dll. dari pasien. Informasi yang di dapat tersebut akan dikirim melalui jaringan internet kepada dokter. Si dokter yang mnerima informasi tersebut akan memberikan diagnosa awal tanpa harus menemui pasien. . Ide tersebut lolos ke final Imagine Cup 2010 di Polandia.

4.       Ide team dari Australia (Juara 1 Kategori Software Design): Software pencitraan lahan pertanian untuk manajemen pengairan lahan. Software ini menggunakan sistem digital image processing. Untuk memberikan suatu solusi ketahanan pangan.

Dari informasi di atas anda mungkin dapat mengembangkan imaginasi dan ide dalam meberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan global sesuai target MDGS. Sekali lagi jangan khwatir untuk masalah teknis yang berkaitan dengan aplikasi teknologi Informasi dan komputer kami team akan membackup masalah tersebut. Bagi anda yang berminat anda cukup memberikan ide anda dan sedikit gambaran bagaimana IT dapat terlibat di dalamnya.

Bagi yang berminat bergabung dengan team kami untuk Imagine Cup 2011 di New York USA, silahkan megirimkan penjelasan singkat ide-idenya dalam bentuk penjelasan singkat tertulis yang disertai identitas diri (Nama-Asal Perguruan Tinggi-Jurusan-No HP)ke alamat email yang tercantum. Ide yang masuk diutamakan sesuai dengan latar belakang kompetensi keilmuan pencetus ide. Namun, tidak menutup kemungkinan ide diluar bidang keilmuan pencetus ide. Kami tunggu hingga 15 November 2010.

Wassalam . . .

Regrads : Alfan Presekal

Mahasiswa Teknik Komputer

Universitas Indonesia

 

Ide dikirim melalui email ke : alfanpresekal@gmail.com

 

Atau untuk lebik praktis dalam penyampaian ide silahkan isikan dalam form berikut  : https://spreadsheets.google.com/viewform?formkey=dHhpTENzQjVkODU4YUVseTQ4RDRfYmc6MQ

 

Informasi lebih lanjut hubungi : 085725374005 (sms only)

 

KETENTUAN-KETENTUAN

1.       Ide diutamakan berasal dari inovasi baru. Namun, tidak menutup kemungkinan menyampaikan yang telah ada asalkan terdapat pengembangan-pengembangan.

2.       Ide yang masuk dari anda akan kami kaji terlebih dahulu apakah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

3.       Ide yang dikirimkan merupakan hak pencetus ide. Kami menghargai hak kekayaan intelektual anda dalam bentuk ide.

4.       Ide yang diajukan untuk Imagine Cup harus mendapat persetujuan dari pencetus ide.

5.       Kami akan memberikan respon terhadap setiap ide yang masuk.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai imagine cup kunjungi website : http://imaginecup.com/

Untuk informasi terkait target dan permasalahan MDGS kunungi website PBB : http://www.un.org/millenniumgoals/

Atau untuk MDGS versi indoesia dapat dilihat di : www.targetmdgs.org/

 

NB : Diperbolehkan untuk memperbanyak dan mengirim ulang pesan ini

 

Perihal alfanpresekal
Mahasiswa Teknik Komputer - Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: