OBAMA’S MIRACLE

Buku yang berjudul OBAMA’S MIRACLE Kemenangan dari Jakarta ini mengisahkan tentang perjalanan dari Barack Obama, seorang tokoh yang kini bisa dibilang cukup besar karena ia dikenal oleh hampir seluruh penduduk dunia. Semua itu karena kiprahnya dalam percaturan politik di Amerika Serikat. Ia adalah calaon pemegang kekuasaan tertinggi di Negara Super Adidaya itu,dengan kata lain Obama adalah calon pemimpin Amerika Serikat. Di balik sosoknya itu, ternyata banyak sisi menarik dari Obama dan semuanya dirangkum menjadi satu dalam buku ini.

Kesuksesan yang diraih oleh Obama kini bukanlah suatu kebetulan atau keberuntungan semata. sejak kecil ia sudah bercita-cita bahwa ia ingin menjadi Presiden Amerika pertama yang berkulit hitam. Cita-cita yang dulu hanya dianggap sebagai isapan jempol anak kecil itu,kini benar- benar hamper menjadi sebuah kenyataan.

Barrack Obama mungkin nama ini sudah tak asing lagi di telinga kita, Obama kecil pernah menetap di Indonesia tepatnya di Jl KH Ramli, Menteng, Jakarta. Dilahirkan dari campuran Kenya dan Kansas. Keadaan keluarga Obama waktu itu, tidaklah membahagiakan. Ia dibesarkan di tengah keluarga yang bercerai. Ayah dan ibu Obama bercerai di kala ia masih kecil. Sampai suatu saat Ny Ann Dunham, Ibu Obama menikah kembali dengan seorang Indonesia sampai akhirnya Obama tinggal di Indonesia. Akan tetapi ia tidak lama tinggal di Indonesia setelah kedua orang tuanya bercerai. Ia memilih tinggal di Hawai bersama sang nenek.

Kehidupan remaja Obama ia habiskan di Hawai, ia melanjutkan study di sini. Di sekolah ia dikenal selain sosok cerdas,berwawasan luas juga sebagai sosok yang santun, jujur, kharismatik, dan berjiwa kepemimpinan tinggi. Ia juga memiliki kepedulian yang amat tinggi terhadap kaum-kaum yang dianggap rendah. Tetapi partisipasi terbesarnya adalah upayanya dalam menentang Politik Apharteid. Kepedulianya ia tunjukkan sejak ia duduk di bangku kuliah. Karena kecemerlangan dari segala aspek itu membuatnya lulus dengan predikat Magna Cum Laude dari Harvard Law School.

Bekal pendidikan yang dimiliki Obama tidak sia-sia karena ia dapat bergabung di kancah politik AS dengan bergabung menjadi Senator Illionis tahun 1996. Dan puncaknya adalah pencalonan dirinya sebagai Presiden AS, dengan Rival terberatnya Hillary Clinton.

Obama banyak mengusung cara- cara yang kreatif dalam pendekatan internasional AS yang lebih ramah dan dialogis. Inilah yang membuatnya dipilih oleh banyak kalangan. Paham yang ia anut bisa dibilang cukup berbeda dengan para pemimpin AS terdahulu. Ia ingin mengubah sutu bentuk Unilateral menjadi bentuk Multilateral dalam Negara Amerika Serikat sendiri. Ia beranggapan bahwa keragaaman akan membawa sebuah negara sebesar AS dapat maju mencapai tujuan bersama.

Tidak hanya Hillary Clinton saja, banyak juga rival-rival politik yang harus dihadapi. Dengan kemampuan yang tak jauh berbeda mendukung Obama untuk tetap melangkah mantap utuk menjadi Presiden AS. Membawa Negara Adidaya itu ke arah yang lebih baik atas dasar dukungan dari segenap rakyat AS sendiri.

 

 

Tanggapan

Keunggulan

1. Buku ini dikemas dalam cetakan yang cukup menarik, dari cover depan kita sudah dapat memprediksikan isi dari buku bersampul hijau ini.

2. Ukuran buku yang tidak terlalu tebal juga membuat pembaca tidak akan merasa malas dan bosan dalam membacanya.

3. Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga merupakan bahasa yang cukup ringan sehingga pembaca mampu dengan mudah menginterpretasikan kata demi kata dalam buku ini dengan baik tanpa kehilangan maksud dari buku ini sendiri.

4. Pengarang mampu memberikan informasi yang lengkap bagi pembaca mengenai isi dari buku.

5. Isinya bukan semata- mata menceritakan perjalanan hidup tokoh saja, tetapi banyak pula disisipi nilai-nilai moral yang positif dari tokoh yang dapat pembaca ambil dan teladani.

Kekurangan

1. Dalam penceritaan tokoh kadang-kadang terlalu sering diulang – ulang, banyak juga penjelasan panjang lebar yang dirasakan agak berlebihan dari tiap topiknya.

2. Buku ini memang termasuk buku yang cukup monoton, dari tiap sub bab nya kurang disertai aksen-aksen yang dapat menghindarkan rasa bosan dalam membacanya.

3. Terutama di bagian akhir pembaca kurang mendapat akhir yang jelas. Lepas dari segala kekurangan dan kelebihannya, buku ini mampu menjadi inspirasi kita bahwa setinggi apapun cita-cita kita bukanlah hal yang mustahil jika kita senantiasa mau berusaha menggapainya.

Perihal alfanpresekal
Mahasiswa Teknik Komputer - Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: