SKEPTISME DALAM PERKEMBANGAN ISLAM

Skeptisme memang tedengar sebagai suatu istilah asing, skeptisme sering digunakan dalam bidang penembangan ilmu pengetahuan. Pada suatu penemuan seringkali terdapat dua kelompok yang menanggapi penelitian itu yaitu pihak konservatif yang cenderung mendukung dan pihak skeptisme yang bersifat tidak mudah menerima. Tidak mudah menerima bukan berarti akan selalu tegug untuk tidak menerima, tetapi mula-mula bersikap mengkritisi kemudian ketika bukti telah terpenuhi maka mau tidak mau hal yang semula sukar diterima harus diterima.

Dalam segi perkembangan Din Islam semenjak masa Rasulullah hingga detik ini agama islam cenderung tercemar oleh adanya modifikasi yang dilakukan umat dari masa ke masa. Banyak sekali hal yang danggap ibadah tetapi justru sesungguhnya merupakan bit’ah yang menyesatkan.

Di Indonesia yang memiliki latar belakang masyarakat yang plural menjadikan kemungkinan penyimpangan semakin besar. Semenjak dulu para wali melakukan perpaduan kebudayaan terhadap Islam agar Agama yang Haq ini mudah diterima. Itu adalah kisah masa lau ketika taraf intelektual manusia indonesia masih kurang. Namun kini seiring perkembangna zaman dimana nurul ilmi telah sampai kepada umat. Maka seharusnya Umat dapat memahami ajaran Islam secara kafah untuk selanjutnya memurnikan kembali ajaran Islam.

Maka dari itu sikap skeptisma atau tidak mudah percaya perlu dikembangkan dalam menaggapi berbagai ajaran turun temurun. Dengan sikap skeptisme kita akan berusaha mencari apakah terdapat suatu dasar didalamnya. Bila itu memiliki dasar yang kauat sesuai Qur’an dan Sunnah maka kenapa harus ragu ragu. Bersegeralah untuk mengamalkanya. Namun ketika ajaran tersebut tidak memiliki landasan yang bisa dipertanggungjawabkan terhadap Qur’an dan Sunnah jangan kita ikuti. Jangan sampai hal yang kita kira ibadah untuk mencapai ridho Allah justru merupakan bi’ah yang justru menjerumuskan kita ke neraka. Naudzubillah.

 

Posting by: ALFANPRESEKAL@GMAIL.COM

Perihal alfanpresekal
Mahasiswa Teknik Komputer - Universitas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: